Senin, 31 Mei 2010

LINUX


LINUX (Ubuntu 8.10)
Bila terdapat dua user (user1 dan user2) dengan operasi terhadap suatu file (file1.txt dan file2.txt) yang mempunyai permission (read and write), disajikan dalam tabel berikut:
user1 memiliki sebuah file, yaitu file1.txt, sedangkan user2 memiliki sebuah file, yaitu file2.txt, masing-masing dengan permission seperti yang tercantum pada tabel diatas. Dalam permission tersebut: user1 dapat mengakses file2.txt milik user2, tetapi tidak dapat mengubah/menulis file tersebut. Hal ini karena pada file2.txt telah dibatasi hak askes untuk other(o) hanya read/membaca file, bukan write/menulis, bukan pula write dan read. Demikian juga sebaliknya untuk user2 bila mengakses file1.txt mempunyai keterbatasan sama seperti yang dialami oleh user1 ketika ingin mengakses file2.txt.. batasan ini dapat diubah dengan cara mengubah hak akses, yaitu mengubah permission user terhadap file. Jika user1 ingin mengedit/write pada file2.txt maka dapat dilakukan dengan cara :
1.Terminal
Mengubah mode dengan “chmod”
chmod o+w file2.txt
Maka file akan menjadi
Mengubah kepemilikan file “chown”
Untuk menggunakan perintah ini harus dengan menggunakan root/hak admin
chown user1 file2.txt
Dengan perintah di atas file2.txt, owner akan berpindah ke user1, sedangkan group tetap user2. Untuk mengubah owner dan group sekaligus
chown user1:user1 file2.txt
1.GUI Linux
Dengan GUI dapat dilakukan dengan klik kanan file-properties-permission
Disini dapat diganti hak akses untuk read, read and write atau none. Bila melalui GUI pemindahan owner tidak dapat dilakukan, kecuali oleh root.

WINDOWS XP
Dalam windows untuk dapat mengubah permission pada suatu folder dapat dilakukan dengan mematikan use simple file sharing pada folder option.Klik kanan folder pilih properties-security.
Klik kanan folder oilih properties-security
Terlihat siapa saja yang memiliki permission untuk mengakses folder tersebut dengan macam hak aksesnya, apakah allow/deny. kemudian kita akan menambahkan user2 untuk dapat mengakses folder tersebut.
Setelah kita menambahkan permission untuk user2 kita dapat mengubah permissionnya.
Tambahkan permission untuk mengubah file, centang opsi WRITE kemudian OK.
Untuk melakukan perubahan permission lebih mudah dan fleksibel dalam Sistem Operasi Linux dibandingkan pada Sistem Operasi Windows XP, alasannya pada Windows XP perubahan permission hanya dapat dilakukan pada tingkat folder sedangkan pada Linuxperubahan permission dapat dilakukan pada setiap file.
Demikian yang dapat kami (kelompok PCB) sampaikan tentang proteksi (permission) untuk sistem operasi Linux maupun Windows XP. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar